ACARA UTAMA : OLIMPIADE MATEMATIKA UINSA 2018

Olimpiade Matematika (OLMAT) UINSA 2018 adalah olimpiade yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMAPTIKA) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). pesertanya mencakup jenjang MI/SD Islam – MTs/SMP Islam – MA/SMA Islam, dan dikhususkan untuk madrasah atau sekolah islam.

OLMAT 2018 memiliki 3 (tiga) tahap;

Pertama, Babak Penyisihan atau Babak Rayon. Babak penyisihan akan dilaksakan di masing-masing rayon. Rayon adalah cakupan wilayah yang mencakup wilayah tersebut dan sekitarnya. Di dalam rayon ini terdapat satu tempat (sekolah) yang akan ditunjuk untuk mewakili rayon tersebut, yang kemudian digunakan sebagai tempat pendaftaran (selain kantor pusat) dan tempat penyelenggaraan babak penyisihan. OLMAT 2018 memiliki 19 (enam belas) rayon, terdiri dari 11 (sebelas) rayon di Jawa Timur, 4 (empat) rayon di Jawab Tengah, 2 (dau) rayon di Jawa Barat, dan masing-masing 1 (satu) rayon di D.I. Yogyakarta dan DKI Jakarta. Babak penyisihan harus diikuti oleh peserta olimpiade untuk maju ke babak selanjutnya. Pada babak ini, Peserta baru boleh mengikuti babak penyisihan setelah peserta melakukan heregistrasi di masing-masing rayon tempat babak penyisihan diselenggarakan.

Kedua, Babak Semifinal. Babak ini dilaksakan di pusat, yakni di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA – Jl. Ahmad Yani 117 Surabaya Kode Pos 60237). Hanya peserta yang telah lolos di babak penyisihan boleh maju ke babak semifinal ini. Peserta yang telah lolos pada babak penyisihan dan menginginkan untuk maju pada babak semifinal ini diharuskan melakukan heregistrasi ulang dengan menyerahkan kartu tanda peserta babak penyisihan ke panitia pusat pada saat Babak Semifinal akan diselenggarakan.

Ketiga, Babak Final. Babak ini juga dilaksanakan di pusat setelah dilaksakan Babak Semifinal. Peserta yang telah lolos Babak Semifinal boleh melanjutkan ke babak ini. Ini adalah babak terakhir untuk menentukan peserta yang akan menjadi juara pada OLMAT 2018.